Friday 27 March 2015

YANSEN KAMTO : Anak Muda Jangan Hanya Pandai Mengeluh

Inilah ucapan sindiran dari seorang digital entrepreneur, Yansen Kamto. “Setiap hari makin banyak orang hebat bermunculan di negeri ini. Lebih banyak lagi yang ngaku hebat. Ngaku pakar. Bahkan enggak segan dan enggak sungkan naruh mantra ajaib ‘pakar’ ini di nama akun media sosial dan sejenisnya,” kata Yansen Kamto, dalam kesempatan bincang dengan galamedianews.com, di Jakarta belum lama ini.

‘Pakar-pakar’ hebat ini, kata Yansen, banyak yang berkoar-koar tentang ekosistem startup teknologi di Indonesia. Berteriak mengeluh payahnya infrastruktur yang ada. Mulai dari koneksi internet yang pelan, kurangnya dukungan pemerintah, hingga kritikan mental tempe pemuda-pemudi yang mungkin saja baru mengenal istilah ‘berani bermimpi.’

“Yang saya paling salut dari para pakar ini adalah konsistensi semangat mereka dalam mengeluh. Mengkritik ketidak-siapan ekosistem yang ada. Lalu tanpa menggunakan otak mereka untuk setidaknya berpikir apa yang bisa mereka lakukan,” sindirnya.

Yansen berharap agar lebih banyak anak muda terdorong menjadi seorang wirausaha. Jangan hanya pandai mengeluh dan menuntut. “Kalau menurut saya ya, startup negeri ini yang lebih perlu adalah membenahi mental dan cara pandang terlebih dulu. Bagaimana membangun startup dengan tujuan yang benar dan memberikan value buat orang lain,” ujar sosok muda, yang mengaku kini tengah mempelajari siroh nabawiyah (sejarah Nabi Muhammad) ini.

Yansen Kamto, adalah sahabat muda Indonesia inspiratif, yang karirnya sudah mengharumkan nama bangsa; go international. Salah satu upaya kreatifnya adalah menjalankan google business group Indonesia, komunitas terbesar kedua di dunia. Ia sudah melanglangbuana ke berbagai belahan dunia untuk mengenalkan Indonesia melalui kompetensinya.

Ia mengajar bidang bisnis berbasis teknologi di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan tengah menggarap projek innovative academy di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Sejak tahun 2011 melalui lembaga KIBAR yang dibentuknya,  pria kelahiran Pontianak Kalimantan ini menjalankan misi untuk memberdayakan talenta kreatif anak-anak Indonesia di bidang teknologi.

Sabtu (28/03/2015),  Yansen akan menginspirasi ribuan anak muda Indonesia. Dia menjadi salah satu pembicara acara talkshow Creativepreneur Corner 2015 yang digelar di The Hall Senayan City Jakarta.

Tampil juga para pembicara lain, diantaranya; Dian Sastrowardoyo (aktris/model), Andre Surya (animator), Vidi Aldiano (penyanyi dan pengusaha muda), Chairul Tanjung (pendiri CT Corp), Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung), Darwis Triadi (fotografer), dan Andrea Hirata (penulis novel Laskar Pelangi)./***Eddie Karsito

Jakarta, 26 Maret 2015

No comments:

Post a Comment