Monday 25 May 2015

Ray Sahetapy : Pendekatan Seni Peran Media Strategis Jati Diri

sumber : http://www.mediabintang.com/read-313-2014-01-22-ray-sahetapy--pendekatan-seni-peran-media-strategis-jati-diri.html#

mediabintang.com-Memudarnya wawasan kebangsaan, kata Ray Sahetapy, mengakibatkan kita kehilangan jatidiri dan hakekat kehidupan. Karenanya diperlukan re-evaluasi terhadap proses terbentuknya kebangsaan dan perubahan pembangunan karakter bangsa.

"Boleh jadi berbagai persoalan yang kita hadapi saat ini berawal dari kesalahan kita dalam menghayati dan menerapkan konsep awal kebangsaan. Karenanya, evaluasi sangat diperlukan dalam membentuk kebangsaan dan karakter," kata aktor kenamaan Ray Sahetapy, kepada sejumlah wartawan, saat memberikan testimoni terkait dengan penyelenggaraan 'Workshop Seni dan Film Keliling Indonesia'  yang diselenggarakan Karya Anak Bangsa, di Jakarta, Sabtu (18/01).

Tutur Ray lagi, pendidikan karakter bangsa melalui pendekatan seni peran yang tengah dikembangan Karya Anak Bangsa, merupakan media strategis dalam rangka penguatan jatidiri. Sebab upaya ini menurutnya, bukan saja mengajarkan pemahaman keaktoran bersifat teknis, melainkan mencakup berbagai aspek, meliputi; akhlaq mulia (budi pekerti), pengetahuan, keterampilan, kreatifitas, inovasi, dan kesiapan menjadi warga yang mandiri.

Sementara itu menurut aktor yang juga pembina Rumah Seni & Film Karya Anak Bangsa, Eddie Karsito, event yang mendapat dukungan positif dari PARFI, PWI Jaya Seksi Film dan Budaya, dan Dinas Pendidikan Kota Batam ini, harapannya, agar anak Indonesia dapat belajar tentang seni.

"Melalui kegiatan ini anak-anak Indonesia dapat belajar tentang seni, seperti Musik, Vokal, Tari, Seni Rupa, Teater, Fotografi, Teknik Industri Film (Sinematografi), Teknik Industri Pertelevisian (Broadcasting), Model, Presenter, Jurnalistik, dan lain-lain," ujar Eddie.

Proses sosialisasi kegiatan 'Workshop Seni dan Film Keliling Indonesia' Karya Anak Bangsa mulai dilakukan di tahun 2014 ini. tahap awal dilaksanakan di Zona Barat, diawali di Kota Batam. Melibatkan para siswa dan siswi SMP dan SMA se Kota Batam.

"Saat ini sudah bergabung para pelajar dari 80 sekolah di tingkat SMP dan SMA sederajat, yang jumlahnya sudah ratusan pelajar. Kami berharap animonya lebih banyak lagi, mengingat masih banyak sekolah-sekolah yang belum kami kunjungi," terang Eddie Karsito, Aktor dan Wartawan Senior, yang juga bertindak sebagai Direktur Pendidikan dan Pelatihan Karya Anak Bangsa.

Heru Aceel, Direktur Program Karya Anak Bangsa mengatakan, bergabungnya para senior seni, menjadi Penasehat dan Instruktur Workshop Seni dan Film Keliling Indonesia ini dapat memberi pencerahan pada anak-anak yang mengikuti event ini.

"Mereka akan memberi pencerahan dan mentransformasikan berbagai pengalaman dan ilmunya. Melalui proses berkesenian ini kami mengharapkan aanak-anak dapat lebih mengembangkan kecerdasan intelektualnya, kecerdasan emosional, kecerdasan kreativitas, dan kecerdasan spiritual secara multi-intelegensi," ujarnya.


Kegiatan ini juga akan diadakan di kota-kota lain di seluruh Indonesia, seperti di Medan, Padang, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Banten, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi, Kalimantan, Makassar, dan kota-kota lainnya.

No comments:

Post a Comment