Tuesday 2 June 2015

Seni Pemersatu Jiwa

Seni Pemersatu Jiwa adalah Komunitas yang didirikan atas dasar kecintaan bukan atas dasar nafsu dan keserakahan.komunitas ini bergerak di bidang social terutama Seni dan Budaya. Seni pemersatu jiwa  mengartikan universal.mencoba untuk menyatukan individu dalam satu wadah dan menumpahkannya kedalam suatu kegiatan yang edukatif,inspiratif dan kreatifitas. Dimulai ketika berusaha mengenali, memahami, menggairahi, memberikan pengertian, mem-, membuat, berpikir kritis dan memiliki kepekaan rasa sehingga kreativitas tersebut mencapai klimaksnya ketika ditumpahkan dalam kreatifitas. Demi-kianlah harapan yang coba dibangun.

seni pemersatu jiwa dipelopori/digagas oleh Eddie Karsito dan Asrial Mirza.Atas dasar keprihatinan dan kecintaan terhadap budaya yang hampir hilang di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan Masyarakat Asahan pada khususnya yang mulai tergerus oleh invasi kebudayaan asing. Atas dasar itulah kedua orang sahabat ini berinisiatif untuk membentuk sebuah komunitas yang tujuannya dapat menyalurkan hobi dan bakat para generasi penerus di segala bidang dengan tujuan yang baik serta mengedukasi dan menjaga nilai – nilai kearifan budaya local. Ditengah kemerosotan nilai kebudayaan di penjuru Indonesia, maka Seni Pemersatu jiwa tampil dengan segala kerendahan hati dan I’tikad yang baik mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut bergabung dalam misi menjaga budaya dan kearifan local nusantara.Seni Pemersatu jiwa yang beralamat di Jl. Syech Ismail II No. 12 Kel.Teladan Kab.Asahan juga bekerja sama dengan Humaniora Foundation dan Humaniora the art of stage and broadcasting, yayasan yang dibentuk oleh Eddie Karsito yang berkedudukan di Jakarta.dengan adanya kerjasama ini diharapkan agar terjadi saling tukar informasi, motivasi dan edukasi.
Saat ini komunitas Seni Pemersatu Jiwa sudah memulai langkah dengan Bismillah dan hati yang bersih mengajak masyarakat dimanapun berada untuk ikut berkontribusi dalam melestarikan budaya.Dan salah satu saran yang digunakan dan sedang dipersiapkan saat ini adalah melalui media film.Karena film salah satu sarana paling efektif untuk menyebarkan pesan kebaikan dan edukasi. Melalui media film ini nanti juga diharapkan agar Asahan lebih dikenal dan membuat orang tertarik untuk dating ke Asahan. Dan juga dengan melibatkan masyarakat baik itu sebagai pemeran ataupun tim  produksi diharapkan dapat terjadi transformasi edukasi dan terciptanya para sineas – sineas dari Asahan serta menggelorakan lagi minat masyarakat untuk ikut membangun potensi yang ada di Asahan. Juga diharapkan akan  terciptanya film – film lain di Asahan yang tentu saja akan berdampak positif untuk daerah. Seni Pemersatu Jiwa juga akan mewadahi segala kreatifitas masyarakat dan tentu saja dengan tujuan untuk kembali menggali dan menjaga nilai – nilai kearifan local dan budaya yang semakin memudar.seperti kata pepatah melayu :

Lebat daun bunga tanjung  
Berbau harum bunga cempaka
Adat dijaga pusaka dijunjung
Baru terpelihara adat pesaka
 

Dengan meninjau kepada permasalahan-permasalahan yang terkait dengan rasa cinta terhadap bangsa   di lingkungan generasi muda, sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi tersebut maka diadakan    upaya-upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas di berbagai  bidang yang ada, dengan tujuan :

  • · Terbentuknya generasi yang mencintai kebudayaan dan mampu berkarya secara kreatif.
  •            Terwujudnya manusia  berbudaya.
  •      Lahirnya generasi  yang komitmen dan mempunyai kompetensi terhadap kebudayaan yang mampu memberi manfaat  dalam masyarakat.





No comments:

Post a Comment