Sunday 21 June 2015

Jangan Hanya Out Of Box Tapi Out Of Container

Ini merupakan filosofi yang saya dapatkan selama menjalin silaturahmi dengan Bapak Eddie karsito. Satu filosofi yang ditanamkan  untuk memotivasi kita adalah berpikirlah Out of The Box atau mungkin Out of Container, karena Box terlalu kecil untuk ukuran seorang Eddie Karsito…hehehehe…

"Berpikir "out of the box" memang sulit, bagaimana tidak? orang yg berfikir  "out of the box" harus "keluar" dari semua kebiasaannya. setelah itu, mereka mulai beradaptasi dengan pemikiran yang akan menghasilkan aktifitas "out of the box." Mereka akan menjadi kaum minoritas karena pemikirannya yang berbeda dari kebanyakan orang. sudah terbayang rasanya menjadi seperti itu. Tapi ketahuilah, orang yang berfikir "out of the box" lebih teruji mentalnya karena mereka berani keluar dari "zona aman"nya. "

Berapa hal yang perlu dimiliki untuk berpikir Out of The Box atau Out of Container
1. Keinginan untuk mengambil ide-ide baru berdasarkan perkembangan informasi
2. Fokus dan bertindak berdasarkan ide-ide yang dimiliki
3. Terbuka pada sesuatu yang berbeda dan melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda
4. Berusaha menciptakan nilai dengan cara-cara baru
5. Menerima segala bentuk informasi yang menjadi dasar untuk berinovasi
6. Menghormati pihak lain ketika mereka mengungkapkan ide mereka


Intinya kita harus melihat dunia luar yang begitu luas, pandai melihat peluang. Jangan hanya berpatokan pada satu hal. Bagi yang masih berpikiran berpatok pada satu hal yang sama dengan orang lain itu ga jauh-jauh maknanya dengan katak dalam tempurung. Jika kita mau terbuka untuk melihat dunia luar kita akan mendapat banyak pengetahuan dan ilmu yang mungkin tidak kita dapatkan di bangku kuliah.

Catatan terpenting saya adalah, anak-anak yang sering dikatakan nakal bagi sebagian besar pasti akan menjadi sukses. Kenapa? Karena mereka adalah orang-orang yang berani mengambil resiko dan itu anyak terjadi diantara teman – teman saya. Bukan hasil yang menjadi orientasi utama, tetapi jalan yang dilalui untuk menjadi hasil yang bagus itu adalah pengajaran yang utama.

So, jangan takut untuk tampil "beda" kawan….! Tunjukkan kreatifitasmu, dan berfikirlah "out of the box" , kalau perlu “Out Of The Container “ tetapi tentunya tetep di landasi dengan ilmu yaa…!!!



No comments:

Post a Comment